Macam-macam Spare Part AC

AC tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya jika tidak menggunakan komponen lengkap. Perlu diketahui jika komponen sama halnya dengan spare part yang mempunyai peranan sangat penting pada AC. Maka dari itu, ketahui apa saja spare part AC rumahan.

5 Spare Part AC Terpenting

Ada lima spare part AC yang mungkin tidak diketahui banyak orang. Adapun spare part tersebut meliputi kompresor, kondensor, blower dan freon. Nah, untuk mengetahui apa saja fungsi dari spare part tersebut, berikut ini penjelasan lengkapnya.

  1. Kompresor

Kompresor mempunyai peranan yang sangat penting untuk menekan uap dan menghisapnya dari evaporator. Adapun fungsi lain dari kompresor yaitu untuk mempertahankan perbedaan antara temperatur dan tekanan pada sistem AC.

Bahkan, peranan nya juga sangat penting untuk membantu mengalirkan refrigerant ke semua sistem pendingin. Jadi, tanpa adanya kompresor ini AC tidak akan berfungsi dengan baik.

  1. Kondensor

Adapun spare part AC Daikin Indonesia selanjutnya yaitu kondensor. Mempunyai peranan yang sangat penting untuk menukar panas. Bahkan, fungsi lainnya yaitu dapat menurunkan temperatur refrigerant. Inilah kenapa jika AC tanpa adanya kondensor tidak akan berfungsi dengan baik.

Sedangkan bentuk dari kondensor ini ini berupa jaringan pipa yang mempunyai peranan sangat penting sebagai tempat pengembunan.

  1. Evaporator

Evaporator berperan penting sebagai spare part AC  untuk membantu proses penguapan pada pendingin ruangan lebih baik. Selain itu, evaporator juga berperan penting dalam menyerap udara panas yang ada di dalam ruangan.

Nantinya udara panas tersebut akan di olah pada refrigerant sehingga dapat mengeluarkan udara dingin. Dari fungsi inilah dapat disimpulkan jika evaporator sangatlah dibutuhkan untuk proses pengeluaran udara dingin.

  1. Blower atau Fan

Blower atau Fan menjadi salah satu spare part yang mempunyai peranan sangat penting, terutama dalam sirkulasi udara. Sebenarnya komponen ini merupakan bagian indoor AC dengan bentuk unik seperti sirip.

Meskipun sebenarnya terlihat sederhana, tapi tanpa adanya blower AC tidak dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, komponen ini juga berada pada outdoor yang berfungsi sebagai pendingin pada refrigerant.

  1. Refrigerant atau Freon

Refrigerant atau freon merupakan dua istilah yang mempunyai makna sama. Sebagai salah satu komponen penting pada AC, refrigerant berfungsi untuk mengkondisikan suhu udara. Meskipun terlihat sederhana, tapi jika tidak maka suhu udara yang dihasilkan akan panas.

Maka dari itu, untuk menjamin agar kondisi aset tetap dalam keadaan baik, segera ganti freon agar kinerjanya bisa lebih maksimal lagi.

Inilah beberapa spare part AC yang mempunyai peranan sangat penting. Perlu diketahui jika satu saja terlewatkan, maka AC tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Maka dari itu, jika salah satunya rusak, segera ganti atau diperbaiki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.