Rute dan Jalur untuk Tiket Kereta Solo Malang

Perjalanan dengan tiket kereta Solo Malang biasanya membuat Anda memilih untuk beristirahat, ketimbang memperhatikan stasiun apa saja yang sudah dilewati. Karena itulah, kami akan menyajikan informasi mengenai beberapa stasiun yang akan dihampiri dalam jalur kereta Solo-Malang.

1. Stasiun Madiun

Stasiun yang terletak di Jalan Kompol, tepatnya di Madiun Lor, Manguharjo, Kota Madiun. Seperti namanya, stasiun ini merupakan yang paling utama di kawasan Madiun dan berada dalam pengelolaan kereta api daerahnya.

Ciri khas dari Stasiun Madiun adalah melodi penyambutan kereta api yang berupa lagu dangdut berjudul Pecel Madiun, ciptaan Lambertus Suwiryo. Di bagian dalamnya, juga terdapat sebuah prasasti yang dapat dilihat untuk mengenang seorang masinis, yakni Mustofa dari kecelakaan kereta pada tahun 2016.

2. Stasiun Nganjuk

Stasiun yang terletak di Mangundikaran, tepatnya di Jalan Raya Nganjuk, Kertosono hanya berjarak 700 meter dari alun-alun. Bagian depan bangunannya telah mengalami pemugaran, sehingga ciri khas dari Hindia Belanda tidak lagi terlihat, tetapi kanopi stasiun dan Kantor Resor Jalan Rel masih menunjukkan karakteristiknya sendiri.

3. Stasiun Kertosono

Stasiun kereta api besar yang termasuk dalam kelas B dan terletak di paling timur, bangunan stasiun ini merupakan peninggalan dari zaman Hindia-Belanda. Anda dapat melihatnya dengan jelas ketika menaiki kereta menuju Malang.

4. Stasiun Tulungagung

Stasiun yang sangat populer dan terletak di Jalan Pangeran Antasari, bahkan lokasinya dekat dengan alun-alun maupun kantor pemerintahan. Fasilitas dan teknisnya pun dapat terbilang terjamin dan mampu memenuhi kebutuhan setiap penumpang.

5. Stasiun Wlingi

Stasiun yang bertempat di Beru, Wlingi menjadi stasiun yang paling terbesar di Kabupaten Blitar. Stasiun ini memiliki empat jalur kereta api dengan jalur dua yang merupakan sepur lurus untuk menyambut kereta dengan rangkaian panjang.

6. Stasiun Kepanjen

Stasiun yang terletak di belakang Masjid Agung Baiturrahman ini dahulu juga menjadi transportasi antar desa dan kecamatan. Ada tiga layanan kereta api yang ditawarkan, yakni eksekutif, campuran, ekonomi, dan lokal.

Itulah beberapa stasiun yang akan Anda lewati ketika melakukan perjalanan dengan tiket kereta Solo Malang. Jika merasa penasaran dengan rupa dan tampilan stasiun, segera lakukan perjalanan dan buatlah jadwal yang tepat dan menyenangkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.