Hasil BRI Liga 1 2021, PSM vs Persebaya, Anco Jansen Brace Gol, Bajul Ijo Kena Comeback

Momentum Persebaya Surabaya untuk melanjutkan kemenangan harus kembali pupus setelah dikalahkan PSM Makassar pada pekan ketiga BRI Liga 1 2021. Tim Bajul Ijo secara tak terduga harus menyerah dengan skor 3 1 saat meladeni permainan PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (18/9/2021). Penyerang nomor sepuluh milik PSM Makassar, Anco Jansen menjadi biang keladi utama kekalahan yang diterima Persebaya.

Anco Jansen mampu mencetak brace gol yang membuat PSM Makassar berhasil menang comeback atas Bajul Ijo. Perlu diketahui bahwa Persebaya sebenarnya mampu unggul terlebih dahulu dalam laga ini lewat Jose Wilkson pada menit 20. Hanya saja keunggulan tersebut bertahan selama sepuluh menit saja lantaran kesalahan fatal Arif Satria berbuah penalti untuk kubu lawan.

Anco Jansen yang menjadi algojo penalti akhirnya berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik dan menyamakan skor. Tak berselang lama justru Anco Jansen membawa timnya berbalik unggul setelah tembakan bebasnya menjebol jala gawang Persebaya yang dijaga Ernando. Sebelum akhirnya Yakob Sayuri memperlebar jarak keunggulan timnya dengan mencetak gol pada menit 38.

PSM Makassar akhirnya berhasil mempertahankan keunggulan 3 1 sejak babak pertama hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan. Muhammad Syaifudin menciptakan peluang perdana bagi timnya pada menit kelima. Hanya saja memang sepakan lewat kaki kiri yang ia lepaskan dari luar kotak masih dihalau kiper PSM.

Tak berselang lama gantian PSM Makassar yang mencoba menginisiasi serangan ke lini pertahanan Bajul Ijo. Pergerakan Wiljan Pluim terjebak pada posisi offside terlebih dahulu. Jual beli serangan menghiasi jalannya sepuluh menit awal pertandingan kedua tim.

Kedua tim seakan bermain hati hati sembari mencari momen kesalahan dilakukan oleh tim lawan. Beberapa kali pemain Persebaya memanfaatkan sektor sayap kiri dalam mengawali serangan. Kartu kuning pertama dikeluarkan oleh wasit untuk Sutanto Tan setelah melakukan pelanggaran keras kepada Syaifudin pada menit 17.

Persebaya akhirnya berhasil mencetak gol pemecah kebuntuan lewat Jose Wilkson pada menit 20. Berawal dari kesalahan antisipasi bola yang dilakukan lini pertahanan Juku Eja. Wilkson mampu dengan tenang menyelesaikan peluang emas yang ia dapatkan untuk membawa timnya unggul satu gol tanpa balas.

Tak berselang lama, Wilkson kembali mendapatkan peluang dalam situasi bagus untuk mencetak gol. Namun, kesigapan dari Erwin Gutawa menggagalkan peluang emas dari Wilkson. Samsul Arif menjadi pemain pertama Persebaya yang harus menerima hadiah kartu kuning dari wasit dalam laga ini.

PSM Makassar berpeluang menyamakan kedudukan setelah mendapatkan penalti pada menit 29. Blok telat yang dilakukan Arif Satria saat menghentikan pergerakan Anco Jansen membuat wasit menunjuk titik putih. Jansen yang menjadi algojo penalti secara brilian menuntaskan tugasnya dengan brilian.

PSM Makassar berhasil menyamakan kedudukan setelah Jansen mampu mengkonversikan penalti menjadi gol. Gol tersebut tampaknya langsung mengangkat kepercayaan diri para pemain PSM Makassar untuk mencari gol lainnya. Terbukti Anco Jansen berhasil mencetak brace dan membawa PSM Makassar berbalik unggul.

Melalui skema bola mati ternyata sepakan halus yang dilancarkan Jansen meluncur mulus ke jala gawang Bajul Ijo. Persebaya tambah merana setelah Yakob Sayuri memperlebar keunggulan timnya pada menit 38. Sontekan Yakob Sayuri mampu meluncur mulus ke gawang Persebaya, sekaligus membuat PSM menjauh dengan skor 3 1.

PSM Makassar berhasil mempertahankan keunggulan tersebut sampai babak pertama berakhir. Babak kedua dimulai, usaha lebih keras diperlihatkan para pemain Persebaya untuk mengejar ketertinggalan gol. Tak hanya itu saja permainan agresif juga coba ditampilkan Bajul Ijo dalam urusan menyerang.

Hanya saja memang berbagai usaha yang dilakukan para pemain Persebaya gagal membuahkan hasil dan skor babak tak berubah sampai pertandingan selesai. PSM Makassar berhasil mengamankan tiga poin penuh melawan Persebaya pada pekan ketiga BRI Liga 1 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published.